Tips Memilih Nama Domain

Tips Memilih Nama Domain

girl choosing writing domain nameSatu dilema yang sering dihadapi ketika memulai sebuah projek, blog, toko online, dan sejenisnya adalah memilih sebuah nama. Di Internet, nama atau alamat suatu website disebut dengan nama domain. Kamu mungkin telah membuat konsep desain yang bagus beserta kontennya, atau bahkan sudah tidak sabar untuk meluncurkannya secara online. Tapi bagaimana Kamu akan menamai projek ini?

Pada artikel ini, Saya akan mendeskripsikan beberapa peraturan dasar, tips, dan kesalahan yang sering dialami dalam memilih nama domain.

Kita awali dengan beberapa istilah berikut.
Apa itu TLD? Top Level Domain (TLD) merupakan bagian akhir dari nama domain, biasa ditemui setelah tanda titik atau “dot”. Top Level Domain juga dikenal sebagai akhiran dari domain. Siapa yang mengatur domain? Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), merupakan organisasi yang mengelolah nama domain dan alamat IP untuk Internet.

Cara memilih nama domain yang pas untuk websitedomain selection process

Akan lebih mudah memilih nama domain berdasarkan tujuan dan fungsi dari websitemu. Informasi apa yang akan diberikan websitemu kepada para pengunjungnya? Jika website tersebut adalah sebuah blog atau situs pribadi, maka cukup menggunakan namamu sendiri.

Jika Kamu memilih nama domain untuk website perusahaan, maka ada pendekatan khusus yang perlu dilakukan.

Memilih domain untuk toko online
Pada kasus ini, Kamu dapat memilih domain:
1.       Berdasarkan jenis produk atau jasa yang dijual. Aplikasikan pada alamat website jika layanan yang dijual berfokus pada satu jenis (contoh: jakartalaundry.co.id atau airconcleaning.co.id). ini akan memberikan gambaran produk apa yang dijual kepada para pengunjung.
2.       Berdasarkan merek perusahaan. Keputusan ini cocok untuk perusahaan yang berkutat pada bidang bisnis yang luas dimana pemiliknya ingin dikenal berdasarkan merek atau brand, dan bukan dari produk-produknya secara individual (contoh: apple.com).
3.       Berdasarkan kebutuhan dan permintaan pelanggan. Sebagai contoh, freshdisulawesi.com. dari sini perusahaan akan mendapatkan banyak respon positif dari pencarian seperti “tempat membeli jus kelapa segar di Sulawesi”. Sehingga, websitemu akan berada pada halaman pertama di pencarian Google.

Tips efektif memilih nama domain yang tepat. e a s y letters
#1. Pilih nama domain yang mudah diingat oleh calon pengunjung. Bisa dibentuk dari kombinasi kata-kata unik yang pendek dan kreatif.

Apa yang harus dilakukan jika nama domain telah dipakai orang lain? Cek dulu apakah domain itu masih tersedia di domain zone yang lain. (misal: jika telah terambil di .com, bisa jadi masih tersedia di .org, .biz, net, .co.id, dll).

Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan dan Kamu perlu menggunakan nama domain yang spesifik, maka selalu ada kesempatan untuk membelinya. Jika website pada alamat tersebut dimiliki oleh investor, maka Kamu dapat menawar harga kepada mereka. Jika alamat web tersebut digunakan secara aktif oleh pemiliknya, maka Kamu harus meyakinkan mereka bahwa websitemu lebih memerlukannya.

Ketika memilih domain, jangan lupa dengan lokasi bisnismu. Jika Kamu menjual souvenir pada daerah tertentu, akan lebih logis untuk memilih alamat pada zona yang koresponden (contoh: sepatu.co.id).

person choosing domain nameDomain biasanya dikontrakkan selama satu tahun. Jadi jangan khawatir jika Kamu tidak yakin berapa lama bisnis akan berjalan, tidak perlu membayar untuk periode yang lama. Tetapi jika Kamu telah serius dalam rencana bisnis, untuk menjadi bagian dari Pencarian Teratas dari search engine dan bekerja lebih dari setahun, maka Kamu perlu memesan nama domain tersebut beberapa tahun sebelumnya.

Nama domain yang dipesan beberapa tahun sebelumnya biasanya mendapatkan rating yang bagus pada search engine. Hal ini karena mereka mengetahui bahwa pemilik domain telah serius dan siap untuk berinvestasi untuk perkembangan usahanya.

emotional asian manDisarankan untuk menghindari penggunaan nama panjang (terdiri dari tiga kata atau lebih) yang sulit diingat atau dimengerti.
Bad examples (terlalu panjang, lebih dari 3 kata): caramembuattokoonlinedijakarta.co.id atau nasienakdanmurahdenganayam.com
Good examples (mudah diingat, 1 atau 2 kata): easybuilder.pro or tripadvisor.com
Mungkin sulit jika harus mengikuti semua tips dan aturan secara keseluruhan. Tapi berusahalah untuk mengikuti sebanyak mungkin.

Cara memilih domain zone atau TLD
Seperti yang dibahas sebelumnya dalam memilih zona domain, Kamu perlu mempertimbangkan tujuan dan lokasi dari websitemu. Dari sini, kita mendapat beberapa katagori utama:

·         Internasional. Contohnya, .com, .net, atau .org. pilih domain pada zona ini jika target pasar dari bisnismu tidak dibatasi pada negara tertentu.
·         Nasional. Contohnya, .co.id jika target pengunjungnya berasal dari dalam negeri.
·         Regional. (lombok.co.id). cocok untuk website yang menawarkan layanan tertentu pada area tertentu di Indonesia.

Berikut ini penjelasan singkat dari beberapa TLD:keyboard with TLD
·         .com – Komersial
·         .net – Network organizations
·         .edu – Kelompok edukasi seperti sekolah atau universitas
·         .org – Organisasi
·         .pro – Professional
·         .gov.id – Pemerintah Indonesia
·         .co.id – Indonesia
·         .ph atau .com.ph – Filipina
·         .eu – Uni Eropa
·         .de – Jerman
·         .au – Australia

Daftar lengkapnya bisa ditemukan disini atau disini.

Memilih domain zone / TLD berdasarkan fitur lain
asian man with laptop thinking about domain name Memilih domain untuk website atau blog pribadi cukup menggunakan namamu sendiri. Contohnya, http://agus.name atau http://rizkigemilang.pro (.pro, berarti “profesional”, cocok sekali untuk freelancer profesional) Sudah seperti kartu nama digital saja, kan?

.info, seperti namanya, cocok untuk website yang khusus menyajikan informasi. Alamat yang menggunakan .info harganya rata-rata lumayan murah.

Jika Kamu belum yakin memilih domain zone yang pas untuk merepresentasikan bisnismu, lebih baik luncurkan websitemu dalam zona internasional seperti .com, .net, atau .biz.

Kalau organisasimu diperuntukkan bagi sukarelawan atau non-profit dan tidak terikat dengan area gografik secara spesifik, coba gunakan pilihan domain di zona .org.

Pengaruh domain zone yang dipilih / TLD dalam promosi website
confused girl browsing on her phoneUntuk memahami pengaruh TLD dalam promosi yang lebih baik dan meningkatkan visibilitasnya di Google atau mesin pencari lainnya, satu yang Kamu harus tau dan ingat: WEBSITE HARUS SESUAI DENGAN ZONANYA.

Search engine atau mesin pencari sangat memperhatikan hal ini. Jadi, jika kamu menjual Hp atau pakaian tapi membuat website domain zone dalam .limo, mesin pencarinya akan …”sedikit kaget” dan kemungkinan besar tidak akan menampilkannya pada halaman pertama dari hasil pencarian meskipun websitemu sudah super SEO-optimized.

Pemilihan domain zone harus dilakukan dengan bijak tanpa melupakan hubungan dengan lokasi geografisnya.

Memang, membeli domain dalam zona .com lebih bergengsi, tapi akan lebih baik mamilih .vegas jika usahamu terbatas pada area kota Las Vegas.

Pengaruh domain pada promosi website SEO
Jika Kamu berencana untuk mempromosikan websitemu dengan kata kunci dan permintaan yang spesifik, cobalah menemukan alamat website yang sebelumnya pernah digunakan, karena biasanya mereka telah memiliki basis pengunjung sendiri. Jika Kamu beruntung, bisa jadi ada kesempatan untuk membeli nama domain yang expired (baru saja dilepas atau tidak digunakan lagi oleh pemiliknya) plus backlink eksternalnya.
Coba gunakan cara ini, karena kemungkinan akan menjadi investasi yang besar dalam kegiatan promosi, mesipun kemungkinan juga akan diperlukan aplikasi khusus dan beberapa biaya tambahan.

INGAT, ketika membeli domain yang expired ada kemungkinan domain tersebut termasuk golongan yang diblokir dan ditadai sebagai spam oleh mesin pencari. Jadi, pertimbangkan baik-baik keputusanmu.

Kamu bisa memilih domain yang mengandung kata kunci utama dalam bisnismu. Hal ini dapat membawamu selangkah lebih dekat untuk muncul dalam Hasil Pencarian Teratas dari mesin pencari.

Nanti saya akan membuat artikel yang khusus membahas tentang bagaimana dan kenapa kita harus mempertimbangkan untuk membeli domain yang expired.

TLD mana yang terkuat dan terpopuler?
Yang paling dikenal dan populer adalah .com .net .org .biz .pro dan tingkat nasional atau regional seperti .co.id, atau .asia.

Dimana kita membeli domain? 
Salah satu provider domain terkenal adalah GoDaddy. muslim couple selecting their domain hosting company
Kalau ingin alternative lain, berikut ini adalah daftar provider domain profesional:
·         Uniregistry.com – tampilannya menarik dan mudah digunakan.
·         Dynadot.com – harga terjangkau, tampilannya bagus, dan layanan pelanggannya cepat.
·         Porkbun.com – harga sangat terjangkau, tampilannya keren, plus banyak ekstranya seperti SSL (GoDaddy mematok biaya $60 / tahun), Whois privacy, dll.
·         Domaincheap.com – harga merakyat dan tampilannya bersih, mudah digunakan, layanan cepat.

Apapun pilihannya, Saya sarankan untuk hindari menggunakan Network Solution.

Bagaimana cara menghubungkan Domain dan CMS website?
Setiap provider memiliki tata cara yang berbeda untuk melakukannya karena tampilan kontrol panel yang berbeda-beda. Tapi jangan khawatir, mereka pasti sudah menyediakan tutorial yang dapat Kamu ikuti. Simplenya, Kamu bisa searching “bagaimana cara menghubungkan domain” atau “cara park domain”. Namun intinya, proses menghubungkannya tidak terlalu berbeda. Setelah Kamu mendaftar ke layanan hosting domain, akan terdapat menu “DNS Management”, setelah itu ikuti saja petunjuknya.

Ringkasan
Bagaimana menurutmu tentang bahasan hari ini? Yok Kita ringkas lagi. summary image

4 aturan memilih domain yang ajib untuk meramaikan kunjungan diwebsitemu:
#1 Kreatif, singkat, & mudah diingat.
#2 Sesuai dengan tujuan personal atau bisnismu.
#3 Lokasi dan domain zone yang tepat.
#4 Gunakan nama yang lengkap, hindari pemotongan kata atau penggunaan symbol seperti “-”

 

Glosarium:

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Backlinks  – juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

CMS – Sistem manajemen konten (Inggris: content management system, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

DNS – Sistem Penamaan Domain (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.

TLD – Ranah Internet Tingkat Teratas (bahasa Inggris: Top Level Internet Domain, TLD) merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain. Misalnya www.google.com memiliki domain teratas .com (atau COM, karena nama domain tidak mempermasalahkan huruf besar atau kecil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *