Cara Memaksimalkan Laman Error 404

Cara Memaksimalkan Laman Error 404

Pernahkah kalian berada di suatu website atau blog, dan bertemu dengan pesan 404: Page not found, alias laman web tidak ditemukan? Lalu, apa yang biasa kalian lakukan selanjutnya?
Orang-orang pada umumnya akan langsung menutup tab pencarian, keluar dari website tersebut dan langsung pindah ke website lain, tanpa peduli kenapa laman 404 ditampilkan.

Pada situs web yang kalian miliki, pasti ada saat dimana pengunjung akan berhadapan dengan laman 404:
– Apakah itu? – Sebagian besar pengunjung secara otomatis akan menutup tab browser mereka setiap kali hal ini terjadi. Disaat yang bersamaan, kalian dapat kehilangan pelanggan yang potensial. Ini disebabkan karena desain laman 404 yang kurang maksimal.

Mengapa tampilan halaman 404 sangatlah penting?
Ingat! Laman 404 merupakan kode respons server yang muncul karena ketidakmungkinan dalam menampilkan dokumen, halaman web, atau informasi lainnya.

Penyebab yang paling sering ditemui adalah:

  • Link atau Tautan yang rusak;
  • perubahan alamat pada halaman web;
  • kesalahan saat menulis URL;
  • halaman dari situs web yang terhapus.

Dengan banyaknya kemungkinan-kemungkinan tersebut, kalian perlu mengetahui cara mengatur halaman 404 yang interaktif bagi pengunjung websitemu. Dengan memanfaatkan halaman 404, pengunjung akan secara otomatis dialihkan ke halaman lain dengan harapan agar si pengunjung tidak meninggalkan situs web milikmu.

Bagaimana mangatur tampilan halaman 404 yang baik?

1. Tampilan pada halaman 404 seharusnya sesuai atau se-tema dengan halaman yang ada di situs web, hal ini dilakukan agar pengguna tidak merasa seperti telah dialihkan ke situs web lain. Disamping itu, desain laman 404 yang tepat dapat memperbesar kemungkinan pengunjung untuk tetap berada dalam websitemu.

2. Halaman 404 seharusnya menyediakan tombol atau tautan yang menyambungkan langsung ke halaman utama atau menu yang dituju, sehingga pengunjung dapat dengan mudah kembali ke situs web tanpa harus menanyakan “Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?”

3. Sisipkan sedikit humor pada laman 404 – ini merupakan cara terbaik untuk menghibur pengunjung websitemu dan menarik perhatian mereka, sehingga mereka tidak akan langsung pergi menutup websitemu. Tidak hanya dengan kata-kata lucu, kamu juga dapat menyisipkan gambar dan animasi yang unik, asalkan masih relevan dengan websitemu.
Laman 404 juga dapat kamu manfaatkan sebagai media untuk mengekpresikan ide-ide kreatif yang tidak bisa dimasukkan ke laman lain dalam websitemu. Silahkan lihat beberapa contoh dari laman error 404 yang kami temukan untukmu di www:

4. Gunakan teks dan gambar.
Menampilkan halaman yang kreatif dan menyenangkan juga merupakan pilihan yang bagus untuk menghilangkan aura negatif ketika bertemu dengan laman 404. Hal ini juga dapat meningkatan user experience bagi pengunjung websitemu.

5. Berkreasilah! Kalian dapat menggabungkan semua rekomendasi tersebut dan membuat halaman 404 yang berkesan. Kami sarankan untuk berikan juga tombol, link atau tautan yang mengarah langsung ke halaman utama, halaman pencarian (jika ada) atau cukup dengan menelusuri artikel yang paling populer di website kalian.

6. Jangan lupa untuk memberi penjelasan kepada pengunjung tentang mengapa mereka melihat konten kreatif pada halaman error 404. Kenapa? Karena tidak semua orang tahu apa arti dari kode error 404, apa penyebabnya, dan bagaimana menyikapinya ketika muncul. Jelaskan secara singkat dengan kata-kata yang mudah dipahami. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu teknis.

7. Jika kalian tidak memiliki waktu untuk membuat ide yang unik dan menyenangkan, cukup carilah beberapa contoh di Google dengan memasukkan kata kunci “tampilan kreatif pada laman 404”.

Laman 404 yang lucu dan unik itu bukan sesuatu yang wajib. Tapi, hal ini dapat meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung, yang pastinya juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kalian sebagai pemilik website.

Ayo mulai buat laman 404 yang unik dan kreatif mulai dari sekarang! Semoga Berhasil!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *