Atribut ALT dan Judul sebagai asisten optimisasi

Atribut ALT dan Judul sebagai asisten optimisasi

seo imageDalam salah satu artikel pertama kami tentang pengoptimalan situs web internal, kami telah menjelaskan secara singkat seberapa tinggi sebuah gambar bisa berpengaruh sebagai promosi SEO. Jika anda menggali sedikit lebih dalam tentang topik ini, hal pertama yang akan anda temui adalah atribut alt dan judul.

Itulah yang disebut bidang parameter kosong, yang akan dilihat pengelola konten saat mengunggah gambar ke halaman web.

Apa atribut alt dan judul itu? Apakah kita perlu mengisinya? Apa peran mereka dalam SEO? Teruslah membaca, dan anda akan mendapatkan jawabannya di artikel ini.

Atribut judul. Kebutuhan dan aturan dasar penggunaan
Atribut judul, sejujurnya, penting sebagai elemen dari SEO. Tujuan utama penggunaannya adalah untuk memberikan kiat kepada pengguna tentang konten gambar yang dilihat. Saat anda mengarahkan kursor ke atas gambar, isi atribut judul ditampilkan dalam kotak putih.

Meskipun mesin pencari tidak terlalu mementingkan isi parameter, namun hal ini dapat diamati memiliki pengaruh pada promosi melalui faktor perilaku.

importance for seoAnda mungkin setuju bahwa melihat halaman web di mana pop-up muncul pada gambar yang ditempatkan di atasnya jauh lebih menyenangkan daripada jika fitur ini tidak tersedia. Atribut judul harus diisi dengan benar:

1. Tidak mengandung informasi yang tidak sesuai dengan gambar. Jika tidak, hal tersebut akan menyebabkan efek mengganggu.

2. Tidak terlalu panjang. Tidak ada batasan seperti itu, tetapi dua atau tiga baris teks akan merusak kesan.

3. Simpan salah satu kata kunci utama jika memungkinkan. Ya, mesin pencari tidak akan mengimbangi trik tambahan ini. Pengunjung sekali lagi akan diyakinkan tentang relevansi materi yang dilihat dengan permintaan awal di situs web mesin pencari.

4. Jangan menduplikasi judul pada halaman (judul utama, H1, H2, dll.) dan isi dari atribut alt. Tidak mungkin mencapai keunikan 100% di sini, lebih baik menambahkan kata-kata dilusi seperti “foto” atau “gambar” untuk orang-orang.

Pentingnya dan perbedaan dari mengisi atribut alt gambar
Berbeda dengan atribut judul, yang pada dasarnya berorientasi pada pengunjung, atribut alt gambar yang diisi lebih penting untuk promosi situs web anda.

google search resultsIni cukup cepat diindeks oleh bot mesin pencari dan digunakan oleh mereka untuk menentukan konten gambar yang terdeteksi. Hal ini penting untuk meningkatkan relevansi dan untuk menarik lalu lintas tambahan dari jenis permintaan “Cari menurut gambar”.

Karena itu, anda harus ingat bahwa dengan lupa atau tidak mengisi atribut alt gambar; anda menghilangkan sumber daya web anda dari poin penilaian tambahan yang dapat meningkatkan posisinya dalam hasil mesin pencari.
Adapun pengunjung situs, mereka dapat melihat konten atribut alt hanya jika:

1. Ketika anda mematikan tampilan konten grafis di browser (yang jarang terjadi).

Dalam hal ini, alih-alih gambar yang dipublikasikan, pengguna akan mengamati ikon standar gambar dan teks yang ditentukan dalam atribut alt. Maka namanya “alt” – kependekan dari “alternatif”.

Artinya, kita berbicara tentang opsi alternatif (ketika mode tampilan standar tidak sesuai atau tidak tersedia bagi pengguna untuk beberapa alasan), yang memungkinkan anda untuk memahami apa yang ditunjukkan pada foto yang saat ini tersembunyi secara umum.

2. Saat melihat hasil “Cari berdasarkan Gambar” dengan deskripsi gambar yang ditemukan.

Untuk melihat dengan aman dalam jenis pencarian ini, anda harus mematuhi rekomendasi berikut saat mengisi atribut alt gambar:
1. Sama seperti nama file gambar, atribut alt gambar harus sesuai dengan kontennya dan relevan dengan teks yang mengalir.

2. Teks tidak boleh kurang dari 3-4 kata dan lebih panjang dari 250 karakter.alt attribute sample

3. Anda dapat menggunakan kata kunci, tetapi tidak menambahkan beberapa kata sekaligus, karena mesin pencari akan menganggap ini sebagai spam dan dapat mengecualikan dari output tidak hanya gambar itu sendiri tetapi juga seluruh halaman situs web anda.

Pilih satu, yang paling cocok, dan dilusikan dengan beberapa tambahan, cobalah membuatnya terlihat sealami mungkin.

Anda juga dapat mengambil frasa yang sama seperti pada atribut judul (jika tidak terlalu lama) dan mengganti kata-kata dilusi yang digunakan di sana (misalnya, gunakan “foto” bukan “gambar”).

4. Jangan menggunakan kata-kata seperti “beli”, “masalah”, “harga” jika tidak terkait langsung dengan gambar (jika ini bukan daftar harga, misalnya).

summary imageRingkasan
Atribut judul:
• diisi sesuka hati;
• tidak secara langsung mempengaruhi promosi situs web, tetapi berpartisipasi dalam pembentukan faktor perilaku;
• berfokus pada kenyamanan pengunjung situs web, yang memungkinkan untuk dikaitkan dengan deskripsi gambar.

Atribut alt gambar yang diisi:
• diperhitungkan oleh bot pencarian saat pengindeksan;
• menjadi terlihat dalam pencarian gambar;
• meningkatkan relevansi konten halaman web dengan permintaan pencarian;
• memungkinkan pengunjung untuk mencari tahu tentang konten gambar jika fungsi tampilan gambar dinonaktifkan di browser.

Semua alasan di atas adalah positif. Karena itu, keputusan tentang perlunya mengisi atribut alt dan judul bisa anda buat sendiri.

Kami menantikan pertanyaan anda di bawah artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *